KERUSAKAN Terhadap MESIN LAS
Trick MEMPERBAIKI MESIN LAS
Utk mampu memperbaiki satu buah mesin kita mesti mengetahui dulu prinsif kerja & kiat kerja mesin tersebut.
Seandainya kita telah mengetahui trik penggunaan & fungsi dari mesin tersebut barulah kita akan mengenal kalau ada sesuatu ada yang tak normal/abnormal pada sebuahmesin (Mesin Las).
Terhadap artikel ini aku dapat sedikit share berkenaan pengalaman aku dalam memperbaiki mesin las (khususnya mesin las inverter MMA portable series)
Utk akan memperbaiki mesin las kita mesti mampu mengenal proses kerja dari rangkaian block PCB kepada mesin las.
Di pasaran mesin las inverter MMA portable series terbagi dalam sekian banyak tipe,antara lain :
Kategori MOSFET
Tipe IGBT.
Yg di tujuan kategori disini ialah pemakaian MOSFET atau IGBT dalam sebuah rangkaian mesin las (Bermain PCB)
Permasalah yang tidak jarang berlangsung yaitu sbg berikut :
Mesin las mati keseluruhan.
Mesin las hidup namun tak bakal utk mengelas (Tdk ada OCV , Low OCV dan High OCV)
Mesin las protect (On weld dan Off weld)
Busur api mesin las tak mampu di kontrol.
On weld listrik pd MCB PLN trip/turun.
Dll
PERALATAN WAJIB Yang Butuh DI PERSIAPKAN SEBELUM PERBAIKAN :
- Sarana UKUR (AVO meter/multitester analog atau digital)
- Solder
- Solder Sucker (Penyedot Timah)
- Timah
Okelah kita lanjut terhadap tahapan berikutnya,
Trik PERBAIKAN :
MESIN LAS MATI Keseluruhan
Aspek yg butuh di saksikan apabila menemui permasalah seperti ini ialah teliti apalagi dulu terhadap tegangan input listrik.
Teliti power cord kabel mesin las.
Teliti kabel input power terhadap mesin las.
Teliti Saklar (On/Off Switch)
Mengecek tegangan kebagian power dari PCB Bermain apakah ada tegangan buat triger relay (12VDC / 24VDC).
MESIN LAS HIDUP Tapi Tak Bakal MENGELAS (WELDING)
Nyaris sama terhadap point pada awal mulanya ,hanya perbedaannya rata rata mesin las hidup lampu indicatornya saja atau cuma kipas saja berputar namun tak bakal utkmengelas.
Mengecek rangkaian Auxilary/Switching.
Teliti Driver.
MESIN LAS PROTEK Terhadap Disaat MENGELAS
Permasalahan seperti ini rata rata terhadap dikala electrode/kawat las bersentuhan dgn base metal/benda kerja yang bakal dilas lampu indicator protec bakal menyala (OC) yang mengakibatkan mesin las tak dapat mengeluarkan bususr api kepada electrode (dalam kondosi seperti ini sebaiknya janganlah diteruskan buat mengelaslantaran apabila lampu OC menyala berarti terdapat Oven Circuit kepada rangkaian mesin tsb.
Teliti bidang Control board.
MESIN LAS PROTEK Ketika Diwaktu MESIN DI HIDUPKAN
Utk permasalahan seperti ini rata-rata kepada disaat baru bakal dinyalakan (On power) mesin las bakal serta-merta OC (Oven Circuit) rata-rata di tandai bersama indicator lampu LED terhadap front panel.
Teliti bidang main : Driver , (MOSFET/IGBT )
Mengecek Thermostat.
mengecek bidang block output (Dual rectifier)
BUSUR API Tak Bakal DI KONTROL
Terhadap diwaktu posisi weld atau pengelasan pengaturan amper kepada mesin las tak disa di kontrok (dinaikan/diturunkan Amp weld)
Teliti VR (umumnya memanfaatkan potensio 1K Ohm 1 1/2W)
Mengecek sektor Protect dan Current Given.
ON WELDING TRIP (BELUM Diperlukan MENGELAS)
Kebanyakan ditandai bersama kepada waktu kita menyalakan (On) mesin las apabila kita memanfaatkan sumber listrik (PLN) sehingga MCB terhadap meter PLN bakalserentak trip/turun (biarpun kita menggunaka listrik bersama ampere MCB yang agung.
Memeriksa rangkaian penyearahnya (power supply)
OC = Over Current. Artinya arus berlebih. Bukan Oven Circuit. Dlm dunia Elektronik/Listrik tidak pernah ada istilah Oven Circuit
BalasHapus